Pada Rabu, 11 Oktober 2023, Dosen Manajemen Universitas Bakrie yang tergabung dalam Innovation & Transformation Lab, yaitu Muhammad Taufiq Amir, S.E., M.M., Ph.D., dan Aryo Febrian Moedanton S.M., M.M., menjadi fasilitator dalam training pengembangan SDM Viva Group. Kegiatan ini telah terselenggara di The Convergence Indonesia.
Tema yang diangkat adalah "Unlocking The Power of Design Thinking for Corporate Innovation and Transformation."Tujuan dari pelatihan ini adalah mengoptimalkan pemanfaatan media sosial, khususnya TikTok, bagi industri media. Training ini diikuti oleh puluhan karyawan ANTV, tvOne, dan Viva Group. Kegiatan dimulai dengan presentasi materi, yang dilanjutkan dengan studi kasus dan focus group discussions (FGD).
Design thinking adalah sebuah pola pikir dan pendekatan inovatif yang berfokus pada pemecahan masalah dengan mempertimbangkan kebutuhan dan perspektif manusia.
Dalam pelatihan ini, design thinking diterapkan dalam tiga tahap:
- Tahap pertama adalah "Empathy” di mana peserta diajak untuk memahami dan merasakan pengalaman, kebutuhan, dan perspektif pengguna secara mendalam guna mengidentifikasi masalah yang relevan dan menginspirasi solusi inovatif.
- Tahap kedua adalah "Define” di mana peserta diminta untuk menentukan sudut pandang pernyataan masalah yang memiliki makna mendalam dan dapat ditindaklanjuti. Pada tahap ini, emosi dan individu yang ditargetkan tetap menjadi fokus, dengan menggunakan bahasa yang kuat dan kata-kata yang masuk akal untuk menghasilkan banyak kemungkinan.
- Tahap terakhir adalah "Ideation” di mana peserta melakukan brainstorming untuk memperoleh alternatif solusi atas masalah.
Peserta diberikan tantangan untuk mengkonversi potongan tayangan berita ke akun TikTok dengan desain yang sesuai dengan algoritma TikTok dan template yang cocok.