Jakarta, 4 Maret 2022 - Workshop on Tensegrity Structure ini merupakan salah satu implementasi kegiatan Sakura Science Exchange Prodi Teknik Sipil yang seharusnya dilaksanakan pada 2020, namun dikarenakan terkendala dengan Pandemi COVID-19, kegiatan ini ditunda sampai Maret 2022 ini. Kegiatan ini juga merupakan bentuk kerja sama aktif Universitas Bakrie dengan Sakura Science Club dan Nihon University yang berjalan mulai dari tahun 2017 hingga saat ini.

Sebelum masuk kepada sesi Workshop pembuatan,  Prof. Dr. Eng. Buntara Stanley Gan selaku narasumber pada hari ini menceritakan sedikit tentang pengalaman pendidikannya di Institut Teknologi Bandung pada tahun 1984, yang mana sejak kuliah beliau sudah menggeluti dunia Teknik Sipil, khususnya bidang Teknik Gempa & Struktur. Ia kemudian lulus dan berangkat ke Jepang untuk melanjutkan program Doktoral, dengan mengambil fokus Teknik Sipil tentang pembuatan jembatan yang biasa digunakan atau diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari.

Prof. Buntara mengatakan bahwa struktur bangunan harus aman dan fungsional agar dapat dipergunakan dengan baik. Keamanan dari sebuah struktur bangunan ini berpengaruh pada tujuan penggunaan dan lingkungan sekitar lokasi tersebut. Menurutnya, penting bagi mahasiswa Teknik Sipil untuk memahami perilaku mekanik dari struktur bangunan. Ia berharap mahasiswa mampu memahami mekanika terapan dan mekanika komputasi dari pembuatan struktur sebuah bangunan. 

Terdapat beberapa pemodelan analisa struktur dalam pembuatan sebuah bangunan, di antara lain ada; Finite Element Model, Particle Metode, dan Discontinuous Deformation Analysis. Setelah penjelasan pemodelan analisa struktur dalam pembuatan sebuah bangunan, kegiatan dilanjutkan dengan Workshop yang diikuti oleh puluhan mahasiswa Universitas Bakrie di bawah bimbingan Kaprodi Teknik Sipil yaitu Bapak  Dr. Mohammad Ihsan, ST., MT., M.Sc yang secara langsung berada di Laboratorium Terpadu Teknik Sipil Universitas Bakrie. Praktek berjalan dengan teknik Expanded Tetrahedron dan 6 Plex Cylinder, dengan tujuan untuk menghasilkan bangunan 12 Strut Tensegrity.