Pada bulan November, Program Studi Teknik Sipil Universitas Bakrie mengirimkan 4 Tim Mahasiswa untuk mengikuti Kompetisi InNow 2023 yang diselenggarakan oleh Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) pada tanggal 19-21 November 2023 secara hybrid dengan kategori Inovasi Berkelanjutan. Program ini didukung oleh Kementerian Pendidikan dan telah disetujui untuk PAJSK. 4 Tim Mahasiswa tersebut yakni Tim Motic, Tim Dry Tailing, Tim Early Warning, dan Tim LWD. 

Keempat Tim tersebut membawa inovasinya masing-masing. Salah satunya Tim Early Warning dengan sistem sensor pendeteksi getaran gempa bumi sebagai langkah mitigasi bencana gempa bumi sedini mungkin. Sistem sensor ini terdiri dari rangkaian alat Accelerometer, thermal sensor, dan strain gauge yang dirangkai sedemikian rupa sehingga menjadi suatu sistem sensor deteksi. Dengan inovasinya yang berjudul Early Warning System with Small Scale Vibration Detection Tool as Mitigation of Earthquake Disasters ini, Tim Early Warning meraih Bronze Medal pada InNow 2023.

Sedangkan ketiga Tim lainnya meraih 2 Silver Medal dan 1 Bronze Medal yakni: Tim Motic meraih Silver Medal dengan inovasinya MOTIC-Mobile Particle Counter, Tim Dry Tailing meraih Silver Medal dengan inovasinya yang berjudul Utilization of Dry Tailing Waste as Contruction Material, dan Tim LWD meraih Bronze Medal dengan inovasinya yang berjudul Light Weight Deflectometer For Rigid Pavement.

 

Selamat kepada seluruh Tim yang telah meraih Silver Medal dan Bronze Medal pada InNow 2023. Semoga dapat terus maju dan lebih baik lagi kedepannya.

Berikut Anggota dari Keempat Tim :

  • Tim Motic (Maulina Alya Salsabila – TSI’22, Wahyu Saputra – TSI’22, Zem Arung Kiding – TSI’22)
  • Tim Tim Dry Tailing (Fadilah Agustiani – TSI’21, Ridho Dwi Saputra – TLK’21, Ravelino Namora Rafael Hutagalung – TSI’23)
  • Tim Early Warning (Izzah Azzahro – TSI’22, Akbar Wahyudi – TSI’22, Raihan Octa Syaiban Hamzah – TSI’22)
  • Tim LWD (Jihan Maharani TSI’22, Putu Gde Sathya Dyan Kumara – TSI’22, Siti Fathimah Nadhira – TSI’21, Fahima Nazmi – TSI’21)