Kegiatan berlangsung selama 3 hari (12-14 Desember 2023) dengan jumlah peserta 12 orang. Adapun pemateri pada kegiatan ini adalah Dr. Anton Apriantono, Dr. Wahyudi David, dan Nurul Asiah MT.

pokok bahasan: penjelasan dasar-dasar evaluasi sensori, penjelasan dan pendemonstrasian analisis sensori konvensional dan advanced sensory analysis, pengolahan data dan presentasi data sensori)

Pada hari pertama diberikan modul pelatihan dasar sensori yang meliputi pengujiandan atribut sensori, pengukuran respon dan pemilihan metodologi, pengendalian komponendalam pengujian sensori, serta seleksi dan pelatihan panelis. Pada hari pertama, persertamendapatkan modulversi cetak. Selain itu, peserta aktif dan serius dalam mengikutipelatihan di Hotel JS Luwansa.

Pada hari kedua, peserta mendapatkan materi uji pembedaan, uji deskripsi menggunakan panelis terlatih, uji afektif, uji deskripsi menggunakan panelis terlatih dan tidak terlatih, serta analisis data sensori.

Pada hari ketiga diberikan latihan dan uji di laboratorium Sensori Universitas Bakrie. Pada hari ketiga peserta juga melakukan simulasi terhadap data yang diperoleh dari praktek di laboratorium. Pada sesi ini, peserta melakukan praktik uji performance panelis dan praktik menjadi panelis untuk metode Free Choice Profilling. Setelah itu, peserta juga diajari untuk melakukan pengolahan data sensori. Total waktu penyelenggaraan pelatihan ini adalah 24 jam tatap muka. Pada akhir sesi, peserta mendapatkan post test untuk melihat seberapa mampu peserta untuk melakukan uji secara mandiri. Secara umum peserta telah mengikuti pelatihan dengan baik dan telah menerima materi dengan hasil evaluasi pemahaman yang juga baik.