Tim Laboratorium Ilmu Politik Universitas Bakrie mengadakan The Vote Talk Series bertemakan “Parpol Baru, Pemilu, dan Masa Depan Demokrasi di Indonesia” dengan mengundang Fahri Hamzah (Wakil Ketua Umum Partai Gelora, Wakil Ketua DPR RI 2014-2019)

pada Selasa, 24 Januari 2023 di kampus Universitas Bakrie. Kegiatan yang dimoderatori oleh Dr.rer.pol. Aditya Batara Gunawan, S.Sos., M.Litt ini mengulik banyak hal, salah satunya spirit dari demokrasi itu sendiri.

Indonesia memiliki sejarah panjang dalam menjalankan praktik politik, diawali dengan berdirinya kerajaan kecil yang bertransisi dari Daulat Tuanku menjadi Kedaulatan Rakyat. Menurut Bapak Fahri, kedaulatan rakyat sangat penting dijaga melalui preserving democracy. “Demokrasi diletakkan pada 3 hal; ada konstitusi, institusi demokratik, dan kepemimpinan demokratis yang dilakukan melalui pemilu”.

Dari tiga elemen tersebut, hanya kepemimpinan demokratis yang mengalami perubahan secara regular dalam pemilu. Untuk saat ini Komisi Pemilihan Umum telah menetapkan 18 partai politik lolos menjadi peserta Pemilu Legislatif 2024 dan akan menjalani masa kampanye selama 75 hari. Diantaranya adalah beberapa partai baru.

Beliau berpendapat tahapan ideal untuk menyeleksi partai dalam pemilu, yakni pertemukan seluruh partai peserta pemilu, kemudian beri mereka kesempatan untuk menyampaikan gagasan sehingga masyarakat mengetahui apa yang menjadi pembeda antara partai-partai tersebut. “Beri seluruh partai tersebut pertanyaan, bagaimana cara mereka menghadapi terorisme, narkoba, korupsi hingga bagaimana menjawab tantangan dari generasi-generasi baru, itu semua penting untuk dijawab” ia menambahkan, “ini juga menjadi diskusi bagi partai baru, perubahan apa yang ingin mereka berikan”

Terakhir, partai bisa menunjuk satu calon unggulan mereka untuk menyampaikan gagasan partai. “Menurut saya ini efektif untuk mengurai politik identitas, caranya ya dengan diskusi sebuah gagasan” tutupnya.